DETAIL BERITA

LAUNCHING UPT DUKCAPIL SEMENDAWAI BARAT DAN SOSIALISASI PENERAPAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD)

20 Maret 2023

Halo Sobat Dukcapil!!!

Senin, 20 Maret 2023 bertempat di Desa Betung Kecamatan Semendawai Barat, Bupati OKU Timur Bapak Ir. H. Lanosin, S.T. kembali secara resmi membuka UPT Dukcapil Semendawai Barat yang berada di Desa Betung. Kegiatan gunting pita oleh BUPATI di dampingi langsung oleh Kadis Disdukcapil OKU Timur Bapak H. Mursal, S.H., M.M menandai dibuka nya UPT DUKCAPIL Semendawai Barat

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten OKU Timur Bapak H. Mursal, S.H., M.M melaporkan dengan dibangun nya UPT Dukcapil Semendawai Barat yang ada di Desa Betung ini semoga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat sekitar untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan sehingga mampu memberikan edukasi tentang penting nya memiliki dokumen kependudukan.

Selain kegiatan launching UPT Dukcapil Semendawai Barat, juga di laksanakan kegiatan sosialisasi penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) Sesuai dengan Permendagri No 72 Tahun 2022 dan Hasil Rakornas Dukcapil Tahun 2023 di Manado.

Syarat untuk aktivasi IKD yaitu memiliki smartphone berbasis ANDROID minimal versi 8.0, mempunyai koneksi Internet, dan sudah memiliki KTP Elektronik atau yang sudah melakukan perekaman KTP ELEKTRONIK tapi belum menerima KTP EL berbentuk fisik bagi penduduk yg baru berusia 17 tahun ke atas.

Manfaat dari IKD adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam verifikasi data diri tanpa perlu membawa KTP EL fisik dan mempermudah untik mengakses data keluarga

Terima Kasih