Search

DUA TAHUN URUS E-KTP BELUM KELAR

KEMBANGAN (Pos Kota) – Warga Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) mengeluh belum mendapatkan e-KTP. Padahal mereka sudah dua tahun mengurusnya, termasuk rekam data atau foto dua kali. Namun sampai sekarang belum ada kejelasan, padahal warga lain sudah banyak yang mendapatkan.

Keluhan warga tersebut disampaikan melalui SMS Aspirasi Warga Jakarta di Harian Pos Kota. Di mana isi pesannya “Kpd. Yth. Bapak Gubernur DKI Jakarta. Tolong pak kami sebagian warga Cengkareng Timur sampai saat ini belum dapat e-KTP, padahal sudah diurus dari 2 tahun yang lalu dan bahkan sudah ulang foto 2 kali. Mohon penjelasannya. (082298460xxx).

Kasudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakbar, Ahmad Fauzi menjelaskan masalah pencetakan e-KTP merupakan kewenangan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sedangkan pihak Dukcapil hanya merekam data dan memfoto untuk dikirimkan ke Kemendagri untuk diverifikasi dan dicetak.

“Jadi memang dari pihak Kemendagri belum selesai dan dikirimkan ke Dukcapil, kalau sudah dikirim akan langsung diserahkan ke warga melalui kelurahan,” jelas A. Fauzi, Jumat (27/6).

Dikatakan, di Jakbar warga yang belum menerima e-KTP karena belum jadi sekitar 70 ribuan. Pihak Dukcapil juga sudah melaporkan dan berkoordinasi dengan Kemendagri agar secepatnya diselesaikan. “Kami berharap agar e-KTP yang belum selesai bisa cepat diselesaikan,” katanya.

Selain itu, diharapkan pihak Kemendagri bisa menyerahkan pencetakan e-KTP ke Dukcapil sehingga bisa lebih cepat. “Bagi warga yang e-KTP nya belum selesai, KTP regulernya masih berlaku hingga Desember 2014,” ucap Kasudin Dukcapil Jakbar

sumber : http://dukcapil.kemendagri.go.id/detail/dua-tahun-urus-e-ktp-belum-kelar