Search

BANYAK NIK PENDUDUK GANDA DI PAGARALAM

SRIPOKU.COM, PAGARALAM -- Sebagai upaya untuk meminimalisir perbedaan Adminstrasi Data Kependudukan (Adminduk) di Kota Pagaralam dengan pihak pusat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam melakukan sinkronisasi data yang dilakukan pusat, yakni Direktorat Jenderal Adminstrasi Kependudukan (Dirjen Adminduk) Kementerian Dalam Negeri.

Kadisdukcapil Kota Pagaralam, KM Rasydi Asin melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Surono mengatakan, sinkronisasi data yang dilakukan agar data kependudukan di Pagaralam masih terjadi perbedaan, baik itu masalah jumlah penduduk termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang masih ada yang ditemui ganda atau dobel.

"Sinkronisasi data kependudukan ini dilakukan rutin setiap enam bulan sekali. Untuk tahun ini Disdukcapil Kota Pagaralam beserta perwakilan kabupaten/kota lain berangkat ke Dirjen Adminduk Kemendagri berserta perwakilan Biro Pemerintahan Pemprof Provinsi Sumsel untuk melakukan pencocokan data," ujarnya kepada Sripoku.com, Minggu (29/6/2014).

Adanya kegiatan sinkronisasi data kependudukan tersebut akan dapat melakukan perbaikan perbedaan data Adminduk Kota Pagaralam dengan yang terekam di Dirjen Adminduk Kemendagri.
"Kedepan administrasi data base yang ada di Disdukcapil akan sesuai dengan data dipihak pusat dan tidak ada selisih jumlah ataupun NIK dobel," jelasnya.